JURUSAN DAKWAH STAIN SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR - PRODI : KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM (KPI) + PRODI: MANAJEMEN DAKWAH (MD) - JL. KH. ABUL HASAN NO.3 SAMARINDA = http://dakwahstainsamarindakaltim.blogspot.com = ...DAKWAH: "Bikin Hidupmu Kreatif"...

workshop LeKSA

Senin, 17 Mei 2010

Keunggulan DAKWAH MEDIA Cetak


1. Dakwah

Dakwah adalah senjata para Nabi dan Rasul dalam mengembangkan agama Islam di tengah umat manusia. Secara etimologis, perkataan dakwah berasal dari bahasa Arab dengan akar kata huruf dal, 'ain dan waw yang berarti dasar kecenderungan kepada sesuatu disebabkan suara dan kata-kata (Abu Husain Muhammad ibn Faris Zakariya, Mu'jam Al-Maqayis Al-Lughah, juz 2, Mesir: hl. 279).
Menurut Bahasa kata dakwah memiliki banyak arti, di antaranya al-shaihah (teriakan) dan al-nida (seruan), makna positif (diantaranya) seperti dalam QS Yunus (10): 25 disebutkan: "Allah mendakwah (manusia) ke daru al-salam (surga) dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus (ISlam).

Banyak kata dan definisi dakwah, dalam kaitannya dengan kata-kata dan istilah-istilah dapat dilihat dari segi penggunaannya dalam konteks.
QS Ali Imran 89: "dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung"

2. Keunggulan Dakwah Media Cetak


sebuah ilustrasi yang indah disampaikan oleh Hasan al-Banna bahwa para juru dakwah ibarat gardu listrik yang menyebarkan aliran listrik untuk menerangi setiap sudut dan pelosok kota. adalah tugas da tanggung jawab para dai/ ulama menyampaikan sinar nilai-nilai ISlam ke segenap lapisan masyarakat.
informasi yang disampaikan kepada masyarakat dan mengatur gerakan dakwah harus mampu memanfaatkan hasil sains, teknologi dan informasi modern untuk mencapai tujuan dakwah, yaitu memperluas jangkauan pengaruh dakwah.
oleh para ahli sejarah disebut tahap dakwah terang-terangan. dakwah menggunakan mass media cetak, seperti surat kabar, majalah, buletin, brosur, tabloid dan lain-lain, untuk menyebarkan pikiran-pikiran dan nilai-nilai dakwah bi al qalam kepada semua tingkatan manusia.
cara ini memiliki beberapa keunggulan;
pertama, lebih dalam pengaruhnya dari gelombang suara lisan ahli pidato. pidato lisan dari seorang orator dapat memikat jutaan masa masyarakat dalam sesaat, tetapi bisa kembali tidak menyerap dalam hati.
kedua, tulisan atau sari pena seorang pengarang cukup berbicara satu kali dan akan melekat terus menerus dalam hati serta bisa menjadi buah tutur setiap hari.
ketiga, bahasa tulisan lewat media cetak lebih rapi dan lebih teratur dari pada bahasa lisan karena menulis adalah berpikir dengan teratur.
keempat, pembaca bisa membaca berulang-ulang hingga meresapi.
Kelima, lebih menguatkan jalinan persaksian.
keenam, terekam. nasihat-nasihat yang disiarkan media cetak tersusun dan alinea, kalimat dan kata-kata yang terdiri atas huruf-huruf yang dicetak pada kertas.
ketujuh, dapat diproduksi.
melalui media cetak pesan-pesan mudah diikuti terkadang mengalahkan nasihat orang tua atau penguasa. media cetak memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi sekaligus mengubah pola pikir, sikap dan prilaku publik.

Media dakwah mampu memainkan salah satu fungsinya sebagai saluran efektif dalam melakukan pendidikan sosial, politik, moral, dan berbagai arti kehidupan lainnya secara massal. sebab selain berfungsi sebagai penyebar informasi, media cetak juga berfungsi mendidik dan menyajikan ruang ilmu pengetahuan bagi pembacanya. (ale-redaksi 2010)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar